Analisis SWOT
adalah metode yang digunakan untuk mengamati atau mengkaji suatu permasalahan
yang terjadi. Tujuan dari analisis SWOT yaitu untuk memecahkan masalah atau melakukan
perbandingan dan perencanaan. Pentingnya melakukan analisis mencari permasalahan atau
hambatan dalam sebuah kelompok atau individu. Analisis SWOT sendiri bukan hanya
bisa dipakai dalam bangku perkuliahan namun juga sangat penting dikehidupan
sehari – hari. Dengan menganalis sekitar, kita jadi lebih tahu
masalah atau hambatan yang ada dan apa saja peluang kita. Dalam analisis SWOT
terdapat 4 unsur yaitu Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan),
Opportunity (peluang) dan Threats (ancaman).
Terdapat dua faktor penting
yang bisa mempengaruhi
keempat komponen analisis SWOT. Faktor
tersebut adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam perusahaan, terdiri dari
dua komponen yaitu kekuatan dan kelemahan. Dampaknya akan sangat baik bagi perusahaan atau bisnis apabila
kekuatan lebih menonjol dibandingkan kelemahan. Faktor internal mencakup kelebihan atau kekurangan internal
perusahaan, keuangan atau finansial, sumber daya manusia atau lainnya yang
dimiliki. Sedangkan,
faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar perusahaan terdiri
dari dua komponen yaitu peluang dan ancaman. Faktor eksternal tidak terlibat secara langsung dalam aktivitas
perusahaan. Yang termasuk
faktor eksternal adalah budaya, lingkungan, sosial politik, ekonomi, sumber
modal, peraturan pemerintah, ideologi, perkembangan teknologi, tren, dan peristiwa-peristiwa yang
terjadi.
Analisis
SWOT biasanya digunakan untuk menggambarkan situasi yang sedang dihadapi atau
mungkin akan dihidupi oleh organisasi. Analisis SWOT sering digunakan pada
perusahaan untuk mencapai strategi penentu masa depan dalam keberlangsungan
bisnis. Bagaimana sebuah perusahaan menjalankan strategi misi untuk mencapai
tujuan perusahaan. Selain itu juga dimanfaatkan oleh para stakeholder untuk
mengetahui kondisi faktor internal dan eksternal dari perusahaan. SWOT adalah
cara untuk menemukan aspek-aspek penting dari kekuatan, kelemahan, peluang, dan
ancaman di dalam suatu perusahaan. Dengan mengetahui empat aspek tersebut,
diharapkan dapat memaksimalkan kekuatan, meminimalkan kelemahan, mengurangi
ancaman, dan membangun peluang-peluang di masa depan.
Dari
ke-4 aspek SWOT tersebut dapat dijabarkan bagaimana cara kerja mereka, seperti threat
(ancaman) yang tentu dapat diaplikasikan dalam segala aspek kehidupan manusia. Strength
(kekuatan) mengajak seseorang untuk mengenal kelebihan yang ada pada diri sendiri
dan juga orang lain disekitar kita. Hal ini sangat perlu sebagai modal utama
dan menjadi kekuatan dalam mengejar mimpi-mimpi demi mencapai semua target.
Disamping itu kita perlu memahami weakness (kelemahan) diri agar
kita tidak larut menonjolkan kekuatan semata sehingga lupa akan kelemahan diri.
Dengan demikian kita akan senantiasa dapat mengatisipasi segala kemungkinan
terburuk yang akan terjadi manakala opportunity (peluang) akan
senantiasa menyadarkan bahwa “kesempatan tidak akan datang dua kali”. Hidup
juga tidak selalu aman dan sejahtera, disana-sini selalu ada ancaman (threat). Oleh karena itu,
dalam melakukan sesuatu kita perlu mengenal pasti ancaman-ancaman yang ada pada
sekitar kita yang bisa menghlanag langkah kita menuju kesuksesan.
Tujuan
digunakannya analisis SWOT ini adalah untuk menetapkan strategi yang digunakan
agar lebih fokus dan terarah serta sebagai bahan pertimbangaan untuk mencapai
tujuan utama dan juga perlu diketahui bahwa penelitian SWOT bukanlah alat
analisis yang mampu memberikan jalan
keluar yang tepat bagi semua masalah yang dihadapi dalam sebuah perusahaan.
Namun, digunakan juga untuk evaluasi karena jika suatu perusahaan tidak menjalankan
proses evaluasi maka akan terjebak pada kendala yang tidak berkesudahaan.