1. PENDAHULUAN.
Media
sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan WhatsApp digunakan oleh
mayoritas penduduk di banyak negara. Media sosial memungkinkan pengguna untuk
membuat konten dan berbagi konten dan berpartisipasi dalam social (van Dijck
& Poell, 2013).Media massa pun sudah memasuki era digital dan berperan
aktif di media sosial. Dalam hitungan detik,konten apa pun bisa diedarkan ke
ribuan orang. Karena banyaknya informasi dan sumber data yang beragam,semakin
sulit bagi masyarakat untuk memutuskan apakah konten media sosial dapat
dipercaya.
Di masa krisis global seperti pandemi Covid-19, perubahan iklim, perang, atau krisis keuangan,masyarakat terancam kehilangan stabilitas dan kohesi sosial. (Dayrit & Mendoza, 2020). Meningkatnya akun palsu, informasi palsu, dan upaya manipulasi tersembunyi menimbulkan tantangan tambahan bagi masyarakat demokratis. Di sisi lain, media sosial dapat membantu membina komunikasi antar warga dan memperkuat perekat yang menyatukan masyarakat. Hal ini juga dapatm memungkinkan warga negara untuk berkomunikasi lintas batas dan memperkuat ideologi bersama. (Dayrit & Mendoza, 2020) Dalam edisi tematik ini, kami menerbitkan artikel teoretis dan empiris yang mengeksplorasi kohesi sosial di media sosial dari berbagai perspektif.
2. MEMPROMOSIKAN KOHESI DAN KETERHUBUNGAN SOSIAL MELALUI MEDIA SOSIAL.
Penggunaan
media sosial menunjukkan potensi besar dalam membina dan menjaga kohesi sosial,setidaknya
untuk suatu kelompok atau masyarakat. Peluang-peluang ini dikaji dari sudut
pandang berbeda dalam dua artikel pertama terbitan ini (Robaeyst
dkk.2022).Artikel tersebut mengkaji bagaimana praktik komunikasi di Online
Neighborhood Networks (ONN) mempengaruhi kohesi sosial masyarakat sekitar.
Temuan mereka mengungkapkan pentingnya, antara lain, praktik pertukaran
informasi demi kepercayaan, saling mendukung, dan rasa kebersamaan.
Sementara hasilnya juga menunjukkan hubungan
terbalik ketika ONN secara eksplisit dianggap sebagai alat pertukaran
informasi.Dengan karyanya, penulis menambah pemahaman teoritis ONN dalam
kaitannya dengan kohesi sosial.Isu tematik kemudian beralih ke keterhubungan sosial
yang dipromosikan melalui penggunaan media sosial. Dalam artikel mereka, Pit
dkk. (2022) meninjau secara kritis temuan penelitian sebelumnya yang
menunjukkan bahwa penggunaan media sosial secara pasif berdampak buruk pada
kesejahteraan individu,berbeda dengan penggunaan aktif yang terbukti
meningkatkan kesejahteraan.
Penulis melakukan dua eksperimen untuk menguji
kemampuan penggunaan Facebook aktif dan pasif dalam memulihkan keterhubungan
sosial setelah pengucilan. Mereka menegaskan bahwa penggunaan aktif Facebook
dapat memulihkan keterhubungan sosial dibandingkan dengan menggunakan situs
non-sosial; namun, mereka menemukan bukti yang menunjukkan bahwa penggunaan
media sosial secara pasif tidak membahayakan keterhubungan sosial dan, dalam
keadaan tertentu, justru dapat meningkatkannya,berbeda dengan klaim dalam
literatur bahwa hal itu berbahaya.
3. MEDIA
SOSIAL MERUGIKAN KOHESI SOSIAL.
Meskipun
artikel di atas memperjelas bahwa penggunaan media sosial dapat memberikan
beberapa manfaat bagi kohesi sosial, beberapa artikel berikut menjelaskan
kelemahan-kelemahannya, serta ancaman-ancaman terhadap kohesi sosial yang
mungkin tidak secara langsung disebabkan oleh media sosial, namun terungkap
dan, dalam beberapa hal, kasus-kasus, mungkin diperburuk oleh media sosial.di
bagian pertama artikel ini, Frischlich (2022) berfokus pada kelompok virtual
teori konspirasi.
Asumsinya
adalah konsumsi teori konspirasi berkontribusi pada mobilisasi dan radikalisasi
protes terkait Covid-19. Dengan menggunakan pendekatan metode campuran yang
melibatkan analisis konten kualitatif dan pengelompokan hierarki, penulis
menyelidiki teori konspirasi di grup Facebook publik Jerman sepelua pandemi
Covid-19. Penulis menunjukkan bagaimana grup-grup Facebook ini memberikan
struktur peluang untuk memobilisasi tindakan kolektif non-normatif, dan khususnya
seberapa lazim variabel-variabel psikologis yang terkait dalam
kelompok-kelompok ini.
Hannan
dkk. (2022) menyelidiki gerakan anti-vaksinasi di Twittersphere Jerman dan
Brasil. Tujuannya adalah untuk memetakan dan membandingkan komunikasi media
sosial mengenai gerakan anti-vaksinasi yang menyebarkan informasi palsu di
Jerman dan Brasil. Dalam analisis kualitatif narasi Jerman dan Brasil mengenai
gerakan anti-vaksinasi di Twitter, konten komunikasi media sosial para pemimpin
opini gerakan-gerakan tersebut diberi kode. Di kedua negara, narasi utama yang
menentang vaksinasi serupa, namun perbedaan utamanya terletak pada semakin
kuatnya olitisasi vaksin dalam konteks Brasil.Analisis kualitatif komunikasi
Covid‐19 yang selesaikan oleh
Pérez‐Curiel dkk. (2022) yang secara kuantitatif membandingkan komunikasi
politisi dan pakar mengenai Covid-19 di lima negara. Para penulis menganalisis
kerangka isu dan permainan dan menemukan perbedaan besar antara politisi dan
pakar; komunikasi pakar lebih terfragmentasi dan kurang miliki tujuan. Peran
inisiatif pengecekan fakta juga diperiksa.
Ditemukan bahwa mereka terutama menanggapi
kerangka kerja yang dibuat oleh para politisi untuk menghindari penyebaran
informasi yang salah.Terakhir, risiko mmempromosikan rasisme melalui media
sosial diselidiki oleh Pratiwi dkk. (2021) yang menilai media memetika rasis di
TikTok saat Covid-19 merupakan konten humor yang merugikan. Langkah-langkah
untuk memfasilitasi kohesi sosial berfokus pada konten yang jelas-jelas
bermasalah seperti misinformasi dan ujaran kebencian, serta mengabaikan
praktik-praktik yang lebih biasa seperti humor. Penulis menunjukkan betapa
humor di media sosial bisa berbahaya. Pengaruhnya terhadap kesenjangan sosial
melalui normalisasi stereotip rasial dikaji dengan menggunakan pendekatan
metode campuran. Hasilnya, berdasarkan analisis konten TikTok, membantu
mengoreksi persepsi yang meremehkan humor. Kontribusi mereka memperluas bidang
ini melampaui perdebatan yang ada tentang ekstremisme online, ujaran kebencian,
dan misinformasi sebagai tantangan utama terhadap kohesi sosial.
4.
SOSIAL MEDIA SEBAGAI PEDANG BERMATA DUA.
Meskipun
kita dapat mengkategorikan secara luas dampak media sosial terhadap kohesi
sosial menjadi positif dan negatif, kategorisasi seperti itu tidak adil
terhadap realitas yang kompleks. Hal ini menjadi jelas dalam banyak artikel
kami yang diterbitkan. Meminjam frasa yang digunakan oleh Le‐Phuong
dkk. (2022, hlm. 192) dalam kontribusinya, media sosial benar-benar merupakan
pedang bermata dua. Dalam artikel mereka, mereka mengkaji perempuan migran
Vietnam dan menunjukkan bahwa media sosial dapat memberikan manfaat bagi
kelompok yang kurang beruntung dengan memberi mereka kesempatan untuk terlibat
di ruang publik, namun akses terhadap peluang ini terbatas, sehingga memperkuat
kesenjangan sosial.
Dalam wawancara mendalam, mereka mengungkap alasan yang secara signifikan menghambat partisipasi media sosial, terkait gender, etnis, dan kelas sosial. Meski begitu, penulis menyimpulkan bahwa media sosial tetap menjadi platform penting untuk tujuan komunikatif bagi kelompok minoritas.Ketimpangan sosial juga menjadi inti argumen dalam artikel Bisiada (2022) yang berpendapat bahwa debat publik selama pandemi Covid-19, yang sebagian besar dilakukan melalui media sosial, telah mengungkap kesenjangan struktural yang mendasar dan bahwa kelas adalah hal yang sentral. salah satu faktor polarisasi sosial yang terjadi sejak saat itu.
Artikel ini memperingatkan bahwa mengkambinghitamkan dan melakukan moralisasi, termasuk di media sosial, dapat berkontribusi terhadap fragmentasi masyarakat lebih lanjut.Penulis menekankan betapa pentingnya kita menyadari hal ini untuk menghindari kesalahan serupa dalam keadaan darurat iklim.
5. KESIMPULAN.
Isu
tematik ini memberikan pandangan luas tentang Potensi dan risiko media sosial
bagi pengembangan dan prmeliharaan kohesi sosial. Kohesi sosial dikaji dari perspektif
berbeda dalam sembilan artikel penelitian yang menjelaskan berbagai cara media
sosial dapat membantu masyarakat berkembang, menghambat kohesi sosial, atau
menyoroti kesenjangan sosial yang ada. Artikel-artikel yang menggugah pemikiran
ini mengangkat pertanyaan penelitian penting yang akan merangsang penelitian di
masa depan untuk mengeksplorasi lebih jauh dampak media sosial. Media sosial
pada kohesi sosial.
Sumber :
Bisiada,
M. (2022). Discourse and social cohesion in and after the Covid‐19
pandemic. Media and communication, 10(2), 204–213.
Dayrit,
M. M., & Mendoza, R. U. (2020). Social cohesion vs Covid‐19.
International Journal of Health Governance, 25(3), 191–203.
https://doi.org/10.1108/IJHG‐03‐2020‐0022
Frischlich, L. (2022). “Resistance!”: Collective action cues in conspiracy theory‐endorsing Facebook groups. Media and Communication, 10(2), 130–143.
Hannan, Abd. "Design of Integration of Religion and sience in Handling Covid-19 Perspective of Ismail Raji Al Faruqi's Thought." Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman 33.1 (2022): 57-82.
Le‐Phuong,
L., Lams, L., & De Cock, R. (2022). Social media use and migrants’
intersectional positioning: A case study of Vietnamese female migrants. Media
and Communication, 10(2), 192–203.
Pratiwi,
Andi Misbahul. "Mengupayakan Keadilan Bagi korban Kekerasan Seksual
Melalui Aktivisme tagar: Kesempatan dan Kerentanan di Indonesia (Initiating
Justice for Sexual Violence Victims via Hashtag Activism: Opportunity and vulnerability
In Contemporary Indonesia)." Jurnal Perempuan 26.3 (2021): 197-206.
Pérez‐Curiel,
C., Rúas‐Araújo, J., & Rivas‐de‐Roca, R.(2022). When politicians
meet experts: Disinformation on Twitter about Covid‐19
vaccination. Media and Communication, 10(2), 157–168.Pit, I. L., Veling, H.,
& Karremans, J. C. (2022). Does passive Facebook use promote feelings of
social connectedness? Media and Communication, 10(2), 119–129.
Robaeyst, B., Baccarne, B., De Meulenaere, J., & Stieglitz, S., Brachten, F., Berthelé, D., Schlaus, M., Venetopoulou, C., & Veutgen, D. (2017). Do social bots (still) act different to humans? Comparing metrics of social bots with those of humans. In G. Meiselwitz (Ed.), SCSM 2017: Social computing and socialmedia—Human behavior (pp. 379–395). Springer.https://doi.org/10.1007/978‐3‐319‐59‐8_30van Dijck, J., & Poell, T. (2013). Understanding social media logic. Media and Communication, 1(1), 2–14. https://doi.org/10.12924/mac2013.01010002.